Sabtu, 17 Mei 2014

Kumpulan Project Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Materi Melukis Sudut


Agar pembelajaran melukis sudut lebih mudah dipahami oleh siswa, maka diperlukan media yang dapat membantu proses pembelajaran. Media pembelajaran ini diharapkan dapat membuat siswa lebih kreatif dan lebih mudah memahami pembelajaran matematika yang bersifat abstrak. Dalam perkembangan IPTEK yang begitu pesat, maka media yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran ini yaitu media pembelajran yang berbasis ICT (Information and Communications Technology).

Perkembangan teknologi di Indonesia membawa dampak besar bagi berbagai aspek kehidupan.Perkembangan teknologi yang pesat membuka peluang dan jalan baru dalam mengerjakan banyak hal, termasuk untuk mengembangkan dunia pendidikan. Saat ini telah banyak berkembang berbagai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia pendidikan, termasuk untuk menunjang pembelajaran matematika. 

Berikut ini merupakan contoh penggunaan media berbasis ICT untuk pembelajaran tentang materi melukis sudut istimewa yaitu sudut 30, 45, 60, dan 90.
Pertama, pembelajaran materi melukis sudut menggunakan Ms. PowerPoint. Ms. PowerPoint ini merupakan media pembelajaran berbasis ICT yang paling standar dan sering digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Untuk melihat PPT melukis sudut silahkan klik di sini dan jika ingin melihat tutorial pemakaian PPT nya lihat di sini


Kedua, video pembelajaran mengenai materi melukis sudut. Dengan video pembelajaran ini diharapkan siswa akan lebih memahami konsep dalam melukis sudut.
Video pembelajaran melukis sudut 30 klik di sisni
Video pembelajaran melukis sudut 45 klik di sini
Video pembelajaran melukis sudut 60 klik di sini
Video pembelajaran melukis sudut 60 klik di sini

Ketiga, Program komputer GeoGebra. Program komputer menggunakan GeoGebra ini merupakan media pembelajaran yang paling inovatif dan efisien dalam pembelajaran matematika. Karena dengan program GeoGebra ini peserta didik  dapat memvisualisasikan apa yang ia pelajari. Software GeoGebra ini bisa didaptkan secara gratis di www.geogebra.org . Dalam pembelajaran melukis sudut, GeoGebra sangat bermanfaat dalam menunjang pembelajaran karena software ini lebih interaktif jika digunakan dalam proses pembelajaran.
Untuk mendownload program geogebra melukis sudut, silahkan klik di sini
Sedangkan untuk melihat atau mendoenload tutorial pembuatan program melukis sudut, silahkan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar